Rabu, 08 Februari 2012

Isu-Isu Terkini Teknologi Informasi



1      Lima Rencana Besar RIM Di Tahun 2012 Dan 2013 Bocor Di Internet


Beberapa rencana RIM ditahun 2012 sampai awal tahun 2013 bocor di internet. Boy Genius, mengungkapkan secara rinci beberapa rencana RIM yang saat ini sedang tertekan oleh beberapa saingannya seperti Samsung dan Apple.






Beberapa rencana RIM yang dikutip dari BoyGenius tersebut antara lain:
1.     Blackberry London dijadwalkan akan dirilis secara resmi pada bulan September
2.     RIM akan memperkenalkan dua smartphone seri Curve terbaru beberapa bulan ke depan. BlackBerry Curve 9230 pada jaringan EDGE dan Curve 9320 pada jaringan HSPA.
3.     Sebuah ponsel QWERTY sliding dengan OS BlackBerry 10 akan dirilis pada Quartal pertama tahun 2013.
4.     RIM akan memperkenalkan tablet PlayBook terbaru dengan prosesor 1.5 GHz, berjaringan HSPA+ 42 Mbps, dan dukungan NFC pada bulan Mei atau Juni.
5.     RIM akan meluncurkan beberapa smartphone Blackberry 10 dalam seri Bold dengan kemampuan layar sentuh dan keyboard QWERTY pada bulan Desember 2012
Itulah beberapa rencana RIM di tahun 2012 dan awal tahun 2013, apakah semua rencananya akan berjalan lancar? Kita lihat saja.
                       


Xbox 720 dirumorkan akan dirilis pada kuartal ke empat tahun 2013 nanti. Konsol game asal Microsoft tersebut diklaim memiliki kemampuan enam kali lebih baik dari konsol game sebelumnya, Xbox 360.




Xbox 720 akan dibekali dengan prosesor grafis dari AMD seri 6000 dengan dukungan teknologi DirectX11, playback HD video 1080p, multi-display output dan 3D. dikutip dari  CNET, prosesor grafis Xbox generasi baru ini akan menggunakan AMD Radeon seri 6000, yaitu Radeon HD6670.
Dengan adanya AMD Radeon HD6670 sebagai basis GPU pada konsol game ini membuat grafis Xbox baru ini menjadi 6 kali lipat lebih cepat dibanding pendahulunya, Xbox 360. AMD Radeon HD6670 ini sendiri berada dikisaran harga 80 dollar, hal ini diperkirakan membuat harga Xbox 720 lebih kompetitif dari konsol pesaingnya.
Kehadiran Xbox di Indonesia memang kalah pamor dengan PlayStation milik Sony, Namun kehadiran Xbox 720 patut ditunggu kehadirannya untuk bersaing dengan konsol next-generation lainya seperti Sony Play Station 4 dan Nintendo Wii U.


                                                                       








Jika anda ingin mengontrol kegiatan anda sehari-hari agar tetap sehat, maka Nike+ FuelBand bisa menjadi pilihan anda. Nike+ FuelBand adalah sebuah alat berbentuk gelang yang mampu menghubungkan berbagai aktifitas Anda ke iPhone melalui Bluetooth.
Alat ini memiliki 20 kode warna LED tergantung pada pemenuhan target yang ditetapkan oleh pengguna per hari. Pengguna dapat meng-upload total NikeFuel mereka secara online dan bahkan membaginya dengan teman dan keluarga melalui beberapa media sosial seperti Twitter dan Facebook.
Skor juga dapat digunakan untuk menghasilkan grafik untuk mengukur kinerja secara visual. Yang pelru Anda lakukan adalah menggunakan terus FuelBand di pergelangan tangan, dan melakukan berbagai kegiatan. Semakin banyak aktivitas direkam oleh band, semakin tinggi skor NikeFuel Anda.
4      Komputer Kuantum



box 720 dirumorkan akan dirilis pada kuartal ke empat tahun 2013 nanti. Konsol game asal Microsoft tersebut diklaim memiliki kemampuan enam kali lebih baik dari konsol game sebelumnya, Xbox 360.
Xbox 720 akan dibekali dengan prosesor grafis dari AMD seri 6000 dengan dukungan teknologi DirectX11, playback HD video 1080p, multi-display output dan 3D. dikutip dari  CNET, prosesor grafis Xbox generasi baru ini akan menggunakan AMD Radeon seri 6000, yaitu Radeon HD6670.


Bayangkan sebuah komputer masa depan, yang kecepatannya ribuan kali lebih cepat dari supercomputer tercepat sekarang. Ribuan kali lebih cepat dan efisien dari IBM ”Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops (1 petaflop = 10^15 operasi per detik).

Inilah kedahsyatan komputer kuantum. Komputer ini begitu dahsyat karena diciptakan memakai fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement.

Dalam pemecahan kode misalnya (kriptografi), untuk memecahkan kode yang digitnya sampai 140, komputer biasa akan memerlukan waktu milyaran tahun untuk memecahkannya. Tapi dengan komputer kuantum, ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja.
Dengan komputer ini manusia juga akan bisa memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, seperti gempa bumi dan tornado. Dan tentu saja ini akan makin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang ada sekarang.
Space Elevator, Tangga Menuju Bintang-bintang

Space elevator atau Tangga Luar angkasa adalah seperti lift yang sangat tinggi dari bumi menuju ke orbit bumi di luar angkasa, 35.000 kilometer tingginya. Dengan lift ini perjalanan ke orbit bumi akan menjadi lebih mudah, dan murah. 
Banyak orang berharap, bahwa program ruang angkasa yang tadinya berhenti sampai di bulan karena sangat mahal, akan bisa dimulai lagi. Dan mungkin impian manusia untuk pergi ke Mars, akan terwujud.

Lift ini awalnya hanya berupa khayalan, tapi ternyata dengan ditemukannya sebuah teknologi baru, hal ini menjadi sangat memungkinkan diwujudkan. Teknologi itu adalah
 Carbon nanotube, material baru yang dikatakan lebih kuat dari intan dan lebih ringan dari baja.

Hal ini nantinya akan memungkinkan dimulainya era baru dalam penjelahajan ruang angkasa





5      Samsung Galaxy S III dengan Layar HD, Android 4.0 & Prosesor Quad Core Akan Hadir Bulan April 2012?





telah muncul informasi terbaru dari Eldar Murtazin, si blogger yang sering dikenal membocorkan informasi ponsel terbaru dan biasanya memiliki informasi akurat dan menurut dia kali ini dia sudah memainkan perangkat Samsung Galaxy S3 sehingga kita bisa berharap informasi tentang Galaxy S3 kali ini memang benar nyata dan bukan rumor lagi. Memang telah muncul informasi bahwa Samsung Galaxy S III akan diresmikan di MWC di Barcelona akhir Februari nanti dan akan mulai dijual pada April, persis setahun setelah pendahulunya, si S2.

6             Mesin-mesin Cerdas Seukuran Atom, Nanoteknologi


Coal and diamonds, sand and computer chips, cancer and healthy tissue: throughout history, variations in the arrangement of atoms have distinguished the cheap from the cherished, the diseased from the healthy. Arranged one way, atoms make up soil, air, and water. Arranged another, they make up ripe strawberries. Arranged one way, they make up homes and fresh air; arranged another, they make up ash and smoke”.
Eric Drexler, Engines of Creation
Nanoteknologi adalah segala teknologi masa depan yang memungkinan manusia memanipulasi partikel-partikel super kecil yang besarnya nyaris seukuran atom! Nanometer sendiri adalah ukuran 1/semilyar meter, atau nyaris ketebalan rambut dibelah 50.000. Itulah kedahsyatan teknologi nano.

Tujuannya adalah menciptakan material-material baru masa depan, bahkan mesin-mesin dan robot-robot seukuran partikel. Material-material itu akan bisa lebih kuat dari intan, super ringan, tahan panas dan dingin dengan skala yang ekstrim, mampu menghantarkan listrik lebih baik, lebih tahan lama, ramah lingkungan dan seterusnya.

Kemungkinan aplikasinya benar-benar dahsyat dan akan merubah seluruh dunia. Bayangkan bila kita bisa menciptakan berbagai material baru yang lebih keras dari intan, dan jauh lebih ringan dari baja. (Carbon nanotubes, sp2 bond). Kita bisa menciptakan kerangka super kuat untuk mobil, pesawat terbang, atau bangunan dan jembatan. Dengan bobotnya yang lebih ringan, semua mobil dan pesawat juga akan lebih hemat energi.

Kita bisa menciptakan baju anti kusut dan tahan noda. Kita juga bisa menciptakan robot berukuran bakteria, nanobots, dan memasukanya ke dalam tubuh manusia. Fungsinya bisa dari menyembuhkan penyakit, menghancurkan sel-sel kanker, bahkan memperkuat tubuh manusia (Feynman, ”
Swallowing the Doctor”). Nanobots ataupun nanoparticles bahkan nantinya diperkirakan juga akan bisa kembali menutup lubang ozon.

Dengan komponen seukuran nano, kita bisa membuat supercomputer sebesar kotak korek api, dan media penyimpanan data yang menyimpan jutaan gigabyte informasi tentang umat manusia dan seluruh alam semesta, sebesar seujung kuku.
Bagaimana teknologi ini bisa dilakukan? Karena mikroskop super-canggih yang dapat melihat atom sudah ada sejak 1981, Scanning Tunneling Microscope (STM), dan Atomic Force Microscope (AFM, 1986).

7      Charging Ponsel Melalui Udara







Baru-baru ini Nokia menyatakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, mereka akan 
mampu men-charge telepon seluler dengan memanfaatkan gelombang-gelombang radio yang ada di sekitar kita. Teknologi yang meyenangkan sekaligus bikin penasaran ini bisa mengarahkan pada pengurangan besar-besaran kebutuhan energi jika seluruh telepon seluler di dunia mampu melakukan charge ulang langsung dari udara.Para peneliti di Nokia Research Centre, Cambridge (UK) sedang bekerja keras mewujudkan suatu teknologi yang mampu mengumpulkan energi yang jumlahnya kecil dari gelombang-gelombang radio dan TV. Telepon seluler ini akan mengambil gelombang radio pada frekuensi rendah 500 megahertz hingga 10 gigahertz, yang mana termasuk didalamnya adalah berasal dari siaran TV, oven-oven microwave, mobile phones, wireless LAN, bluetooth, GPS, dan radio-radio two-way. Menurut teorinya, dua sirkuit akan mampu menerima dan mengkonversi energi gratis itu menjadi arus listrik untuk men-charge baterai pada telepon seluler.









                                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar